Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Kabupaten Sumedang Bahu Membahu Siaga Kerawanan Pangan dengan Membuka Dapur Umum Lapangan (DUMLAP)

PSKS SUMEDANG – Satgas COVID 19 melalui Forum PSKS kabupaten Sumedang yang di pelopori oleh Tagana bersama anggota lainnya PKH, Karang Taruna, PSM. TKSK, Vertical Rescue Indonesia, Pelopor Perdamaian dan LK3 Kabupaten Sumedang Bahu Membahu Siaga Kerawanan Pangan dengan Membuka Dapur Umum Lapangan (DUMLAP) di areal Mako Tagana tepatnya di halaman kantor Dinas Sosial P3A Kab Sumedang. Membangun sebanyak 1 dapur umum untuk kebutuhan warga atau masyarakat yang terkena dampak Wabah Virus 19 atau corona. Sabtu (25/4/2020)

Asep Muldansyah kabid linjamsos mengatakan, dapur umum ini untuk menyiapkan makanan bagi masyarakat terdampak Corona COVID-19 dan menjaga stabilitas terutama di bidang ketahanan pangan, banyak dampak yang diakibatkan wabah COVID-19, seperti karyawan buruh yang terpaksa harus dirumahkan dan beberapa pekerja atau pedagang yang mengalami penurunan pendapatan.

Di saat wabah COVID-19, banyak masyarakat terdampak dan membuat menurunnya ekonomi. Kami bangun dapur umum dengan tujuan menjaga stabilitas ketahanan pangan dengan semangat gotong royong agar tetap tercipta situasi aman dan kondusif, ujarnya

Masih asep mengatakan, dapur umum berfungsi untuk memasak, setelah itu nasi bungkus akan disebar ke masyarakat yang membutuhkan.

“Penyebaran nasi bungkus dilakukan sesuai peta sebaran masyarakat miskin atau masyarakat miskin baru, dan dilakukan perangkat desa dengan relawan secara door to door di rumah masing-masing ataupun ditempat pangkalan ojek, terminal dan tempat-tempat lain yang membutuhkan,” kata dia.

Di tempat terpisah Soni sonjaya kordinator PKH Kabupaten Sumedang mengatakan, Kesan kami tergabung dalam PSKS ini alhamdulillah bisa membantu masyarakat sumedang selama terkait masalah tanggap gawat darurat covid19, dan alhamdulillah kebersamaan kami di dalam PSKS bisa terasa di kala kami bergabung untuk bersama-sama mempersiapkan segala sesuatunya salah satunya dalam hal dapur umum,

Harapannya mudah mudahan wabah ini cepat berlalu dan kita bisa bekerja normal seperti biasa aktivitas seperti biasa dan kita semua berdoa mudah mudahan apa yg kita lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat sumedang khususnya,

Harapan untuk para Mitra,Dalam hal ini kita sudah tergabung dengan PSKS kami berharap ikatan ini bisa terjalin dimana Kebersamaan ini kita lakukan untuk segala permasalahan tanggap darurat untuk menolong sesama.

Kalau untuk maksud dan tujuan di adakan dapur umum ini sedikit banyak membantu masyarakat di Sumedang kota yang tidak mempunyai kemampuan secara ekonomi, kami bertujuan untuk membantu mereka supaya membantu meringankan beban hidup .

Dapur Umum PSKS ini bersinergi dengan Gerakan Nasi Bungkus (GASIBU) yang dibentuk dan dilelola oleh desa-desa diwilayah kabupaten Sumedang, sasaran penerima bantuan dari Dapur Umum PSKS adalah para tukang ojek, abang beca, pedagang kecil, supir angkot dan penerima nasi bungkus lainnya di wilayah Sumedang Kota yang pada saat aktivitas normal mereka mempunyai pengahasilan yang cukup akan tetapi pada saat wabah ini penghasilan mereka berkurang. Harapanya dengan bantuan nasi bungkus ini bisa meringankan beban mereka dan keluarganya. Pungkasnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *